Minggu, 08 Mei 2016

Ini 7 Cara Ampuh Buat Nambah Uang Jajan Meski Kamu Masih Kuliah

Kamu yang lagi ngerasain duduk di bangku kuliah pasti sadar, kalau pengeluaran buat kebutuhan kuliah itu banyak banget. Mulai dari beli buku acuan, modul ini itu, sampai jalan-jalan dan nonton. Nahh buat kamu yang suka sama poin terakhir, pasti gak enak banget bukan kalau gak pegang uang sendiri? Di saat ingin bersenang-senang, tapi uang dijatah sama orangtua.
Supaya bisa lebih bebas lagi, ini caranya untuk menambah uang di usiamu yang masih produktif dan masih suka bersenang-senang ini. Lebih bagus lagi, cara ini bisa meringankan beban orangtuamu dan bisa buat tabungan untuk masa depanmu. Asyik bukan?

1. Yang punya hobi masak, bisa jualan snack atau makan siang buatanmu sendiri untuk dijual ke teman-teman kampus.

nais-bento-jepang-f25d3735a89b7df4aae381289ae21d50.jpgSumber Gambar: bundacatering.com
Punya bakat di bidang masak itu menguntungkan lho, buktinya kamu bisa jualan makanan ringan atau makan siang buat temen-temen kampus. Kamu bisa lakukan dengan dua cara, jual secara langsung atau open pre-order. Kalau perlu, bikin juga paketan semacam catering mini dengan harga yang terjangkau. Selain murah, lumayan bukan kamu bisa perbaikan gizi untuk teman-temanmu.

2. Jelang ujian, gak ada salahnya jual fotokopian catatan kuliah yang super lengkap. Dijamin laris!

img-0737-750x500-b631063d5b26ce590ff7f51d88c7c39b.jpgSumber Gambar: feeandfables.com
Sudah jadi sifat mahasiswa, menjelang ujian pasti ribet cari bahan pinjeman catetan. Nah kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk nambah uang jajan dengan menjual fotokopi catatan yang lengkap. Sebisa mungkin saat dosen mengajar, catat yang lengkap, termasuk tips-tipsnya. Lalu bikin deh semacam paket modul catatan. Yang begini kalau menjelang ujian, pasti laris manis!

3. Gak perlu malu, kamu bisa juga jual jasa delivery order ke anak kampus yang rata-rata males gerak kalau udah di kosan.

kuliah3-pizzahutpromocom-e070d22446fec04b9c26687e0dc088e8.jpgSumber Gambar: pizzahutpromo.blogspot.com
Mahasiswa kalau sudah di dalam kos, kebanyakan malas sangat mudah menyerang. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan dengan menjual jasa delivery produk apapun. Mulai dari makanan, sampai beli kebutuhan kamar mandi juga bisa kamu layanin. Jasa delivery ini lumayan juga kok hasilnya kalau kamu tekun menjalaninya.
Baca Juga: Lakukan 9 Hal Ini Supaya Masa Kuliahmu Gak Terasa Biasa-biasa Saja

4. Punya kemampuan lebih di bidang lain, kembangkan bakatmu dengan menjadi guru private.

kuliah4-lesprivatbahasainggriscom-5401fd630bea6a5b68d0838dc5d139ca.jpgSumber Gambar: lesprivatbahasainggris.com
Yang punya bakat mengajar tapi belum kesampaian, atau punya keahlian di bidang tertentu, kamu bisa mengambil peluang menjadi guru private. Entah guru private matematika anak SMA, guru musik, bahasa, atau apapun itu. Yang jelas jualan jasa kayak gini pasti menguntungkan kok.